Musrenbang tingkat kelurahan tahun 2020

Anggota DPRD Kota Salatiga sedang memberikan tanggapan.

Salatiga (28 Januari 2020). Musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) kelurahan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) kelurahan untuk menyepakati rencana kegiatan untuk tahun anggaran berikutnya. Musrenbang kelurahan dilakukan setiap bulan Januari untuk menyusun rencana kegiatan tahunan dengan mengacu/memperhatikan pada rencana pembangunan jangka menengah Kelurahan (RPJMkel.) yang telah  disusun untuk 5 tahun kedepan.

Musrenbang kelurahan adalah forum dialogis antara pemerintah dengan pemangku kepentingan dari suatu isu/persoalan, kebijakan, peraturan, atau program  pembangunan yang sedang dibicarakan. Dalam musrenbang kelurahan, pemerintah kelurahan dan warga berembug dalam menyusun program tahunan di kelurahan, musrenbang kelurahan menjadi media dialog dan penyepakatan penyusunan program dan kegiatan pembangunan di wilayah kelurahan, baik yang ditangani secara swadaya, melalui pos bantuan daerah, menjadi bagian Renja SKPD Kelurahan, maupun diajukan untuk ditangani oleh SKPD lain yang relevan dengan usulan yang ada.

Murenbang tahun ini telah disepakat rencana usulan Skala Prioritas Pembangunan dalam Kegiatan Fisik 34 sasaran dan Non Fisik 14 Kegiatan . untuk kegiatan yang belum disepakati sejumlah 48 kegiatan termasuk 7 kegiatan Guyup RW.

Dari usulan sebanyak 48 kegiatan tersebut di butuhkan biaya sebesar kurang lebih Rp. 4.626.300.000.- yang bersumber dari Dana Kelurahan sebesar 1.321.800.000.-, (DAUT+APBD) dan usulan ditujukan kepada OPD sebesar Rp. 3.304.500.000.- (APBD). (Broer)

Sharing is caring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *